Sunday, April 1, 2007




'300'
, Heroisme Spartan!

 Pemain: Gerard Butler, Lena Headey, David Wenham, Dominic West, Rodrigo Santoro

Inilah film yang sejak dirilis 16 Maret 2007 menguasai bioskop di Amerika Serikat.
"300" menceritakan pertempuran antara pasukan Spartan dengan Persia ini menjadi box office akhir pekan.

Imax, kelompok bioskop raksasa AS, melaporkan, karcis untuk tayangan siang film Warner Bros itu di 57 gedung bioskopnya habis terjual. Sementara penjualan tiket untuk pertunjukan akhir pekan mencetak rekor baru untuk bulan Maret.

"Kami mengalami malam yang amat menakjubkan," ujar Greg Foster, Chairman & Presiden IMax Filmed Entertainment. Ia menambahkan banyak teater Imax harus mengatur pertunjukan pukul 02:30 demi memenuhi keinginan penonton yang tak kebagian karcis pada pertunjukan tengah malam.
600 gedung bioskop di Amerika lainnya yang menayangkan film ini pada jam dini hari disesaki penonton.

Film baru Hollywood garapan sutradara Zack Snyder itu menggambarkan hari-hari terakhir Raja Sparta, Leonidas, dan 300 prajuritnya yang gagah berani saat menghadapi pasukan Persia yang unggul dalam jumlah di bawah pimpinan Kaisar Xerxes dalam Pertempuran Thermopylae pada tahun 480 Sebelum Masehi.

Kisah dalam film ini diangkat dari novel perang karya Frank Miller. Film ini menceritakan kembali pertempuran kuno Thermopylae yang ganas. Di mana Raja Leonidas (Gerard Butler) dan 300 tentara, berjuang mati-matian melawan Xerxes dan tentara Persianya yang berjumlah ribuan.

Ke 300 pasukan Spartan ini begitu tenang manghadapi musuh yang sangat banyak itu, hari demi hari mereka lewati dengan semangat juang mereka demi mempertahankan wilayah mereka. Tetapi Xerxes selalu memiliki taktik yang licik untuk mengalahkan pejuang Spartan ini.
Menghadapi kemungkinan tersebut, sikap satria dan pengorbanan mereka mengilhami seluruh Yunani untuk bersatu melawan musuh Parsia, membangun sebuah demokrasi.

Mampukah ke 300 Spartan ini membendung ribuan pasukan Persian tersebut ?

Selain menghasilkan banyak uang, film ini juga menuai kritik pedas. Setelah diluncurkan, "300" langsung mendapat respon pemerintah Iran. Bahkan Presiden Iran Mahmoud Admadinejad mengungkapkan rasa marahnya terhadap film ini. Film ini dinilai mendeskreditkan bangsa Iran (Persia) yang digambarkan sebagai penjahat, tidak berprikemanusiaan, dan hanya berfikir menyerang bangsa lain serta suka membunuh.

No comments: